Selasa, 06 November 2018

Self Story : My Undergraduate Journey – Part 2

Istiqomah emang bukan hal yang mudah gess! Wkwkwk rencananya mau nulis dan ngepost seminggu sekali ehhhh pada akhirnya terlampau lebih dari sebulan baru di post :D hehe
STORY
Semester 2 adalah semester terakhirku tinggal di asrama wkwkw. Sekarang kalo inget masa-masa tinggal di Asrama mahasiwa UM dududuh jadi baper. Di semester ini aku masih ditunjuk sebagai ibu RT jadi kalo ada apa-apa temen-temen asrama yaa curhatnya ke aku. Mulai dari curhat soal sesuatu yang berbau horror, keribetan menjelang festival warga asrama, sampe kekhawatiran temen-temen panitia bakti sosial asrama yang ditarget punya dana >10juta. Tinggal di asrama mengajarkan aku banyak hal soal survive. Beneran bisa jadi multi-peran (kadang jadi ibu/temen/sahabat/lawan debat). Jika diingat kembali, udah 3 tahun yang lalu aku meninggalkan tempat yang pertama kali menjadi rumahku di Malang. Yang awalnya ogah-ogahan sholat berjamaah karna harus turun ke lantai satu, masak-masakan, antri setrika, cuci baju berjamaah, nikmatnya lari-larian karna takut telat pulang dan kekunci, Hmmmmm #rinduasramaUM (rindu suasana, dan hiruk-piruk didalamnya) wkwkwkw.
KESAN YANG PALING MENDALAM
Kesan yang mendalam adalah ketika aku mengalami kondisi badan yang turun drastis dan seminggu kemudian dapet kabar kalo dapet beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik). Awalnya kehujanan gitu, trus habis kehujanan langsung malemnya demam biasa. “Halah! Demam” Yup! Menyepelekan dan belum bisa mengukur kekuatan fisik diri sendiri. Waktu itu aku sama sekali nggak menganggap demam adalah hal yang serius. Jadi makin ku forsir buat belajar ditambah jam makan yang berantakan. Kadang malah ga makan, cuman minum jus aja (antara ngirit,dan emang ga mood makan) wes pokonya nggak life health banget. Tiga hari aku demam, pup ga teratur, sampe muntah-muntah ga jelas. Meski begitu aku tetep ngerasa “I’M OK” udahlah masuk kuliah aja  Dasar Sok Kuat. Sampai pada akhirnya aku menggigil dan udah ngga kuat bangun dari tempat tidur (mikirnya udah mau mati kah aku? T_T huhuhu) Malam itu aku dengan berat hati menghubungi orangtuaku dan malam itu juga orangtuaku datang membawaku ke UGD puskesmas deket rumah (kenapa nggak di RS. Terdekat? Karena dari kecil aku kalo sakit yaa obat yang paling manjur dari Puskesmas itu). Pulang adalah pilihan yang tepat. Setelah dibawa ke puskesmas dan makan soto langganan Ayah, aku merasa 50x lebih baik. Paginya langsung diantar ayah balik ke Malang, tentunya aku bolos kuliah 1 hari -.-. Disepanjang perjalanan SDA-MLG I think too much. Aku  merasa sangat menyesal pada diriku sendiri karena nggak bisa merawatnya dengan baik. Sejak saat itu, aku mulai belajar memahami kondisi fisikku, nge-treat diri sendiri lebih baik. Pokonya, kalo udah ngerasa sedikit ga enak badan langsung take a rest atau kalo udah demam/batuk-pilek-flu yaa beli obat andalan atau konsumsi susu bear brand. Alhamdulillah sampe lulus kuliah hal semacam ini ngga terjadi lagi.
Hal yang ga kalah berkesan lainnya adalah ketika aku menerima beasiswa PPA seminggu setelah drop^^ Alhamdulillah feel so gut~
"Berdoa, Bealajar, Jaga Kesehatan" should be balance!
REVIEW MATA KULIAH  
1st English for Bussiness and Economic
Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah yang aku tunggu disetiap minggunya. Bukan karena dosennya, tapi karena disini aku bisa belajar Bahasa inggris lebih banyak dari biasanya. Entahlah sedikit kecewa dan merasa kurang adil. Why? Karena dimata kuliah ini aku merasa udah all out. Beneran total, bahkan disetiap tugas yang ada aku kerjakan ngga ada yang nggak niat. Semuanya niat wkwkw tapi ketika semester berakhir nilai yang keluar ga sesuai sama prosesnya. Entah siapa yang salah, yasudahlah yang penting sekarang sudah lulus. Dulu ingin rasanya Qu protes, tapi yaudah gajadi :D takut dikira gak bersyukur. Di matkul ini seneng banget karna bisa belajar banyak vocab mulai dari telephone etiquette, negotiations, meetings, hospitality, collocation, how to prepare presentation in English, dan banyak lagi. Pokonya aku seneng karna materinya, sekali lagi! Bukan karena dosennya wkwk.
2nd Math for Bussiness and Economic
Kebalikan dari matkul diatas, ini salah satu matkul yang bikin aku frustrated banget. Bukan karena dosen atau materinya. Kali ini karena akunya sendiri. Bisa dibayangkan, selama SMK 3 tahun kayak udah yang jarang banget nerima mapel matematika gitu. Ngitung yaa lebih ke accounting bukan math. Nah matkul ini math banget gessss. Wkwkwk sungguh! Lulus di matkul ini udah bener-bener struggling. Materinya kayak begini nih: fungsi linear (penerapan dalam ekonomi & bisnis), fungsi non linear (penerapan dalam ekonomi & bisnis), limit & kesinambungan fungsi, differensial fungsi sederhana (penerapan dalam ekonomi & bisnis), differensial fungsi majemuk (penerapan dalam ekonomi & bisnis), integral tak tentu, matriks (penerapan dalam ekonomi & bisnis). Mungkin bagi kalian anak IPA pasti bilang itu gempil banget yakan? Tapi untuk aku? Wkwkwk you know lah~ bukunya entah pake buku siapa (sampulnya sampek wes protol gesss wkwkw, sungkan mau motoin)
Ketika ujian berlangsung, aku tetap berusaha belajar dan mencoba memahami materi demi materi. Menghafalkan rumus demi rumus. Berupaya mempercayai diri sendiri bahwa “AKU PASTI BISA”. Akhirnya, ujian akhir selesai wkwkwk Dapet nilai berapa? Hahaha Alhamdulillah pokonya lulus aja dah wkwk (Fyi, smart people! nilai minimal yang yang ada di transkripku adalah B. Nah! kalo aku yang gak bisa apa kabar kalian yang jauh lebih smart?? believe on yourself and do your best as always). Ingat selalu, bahwa tidak ada mata kuliah atau mata pelajaran yang tidak bisa dipelajari. Berdoa, percaya pada diri sendiri, minta petunjuk, dan berusaha memahami perlahan. PASTI BISA !!
3rd Enterpreneurship
Sejauh ini, matkul kewirausahaan adalah mata kuliah yang nyantai. Mata kuliah pertama yang ada tugas lapangannya (jualan). Seru sih, di mata kuliah ini aku jadi tau bahwa tatapan orang lain itu bisa ngebuat sakit hati hahaha. Jualan di pasar minggu/Car Free Day, menawarkan barang dagangan bareng temen-temen kelas, rela bangun pagi dan repot-repot buat produk yang dijual wkwkw begitulah. Di matkul ini aku bikin produk minuman yang dulu pernah aku buat waktu nemenin ibuk bazar di suatu pameran pendidikan. Bikin es, namanya es sarang burung. Bahan bakunya es batu wkwkw, agar-agar vanila, sirup marjan yang merah atau cocopandan, sprite, SKM, gula, kayu bakar manis trus air pastinya :D silahkan dicoba. Meski aku paham bahwa jualan produk makanan/minuman resiko ruginya tinggi aku tetep nyobak aja "Sing penting yaQin". Atas dasar rasa suka, aku membuatnya dengan sepenuh hati ~eak. Alhamdulillah berbekal jiwa dagang yang amateur, aku berhasil menjual produkku meski gak habis tapi udah BALIK MODAL yang jelas ga ada yang terbuang karna langsung di-tester sama temen-temen di asrama wkwkw (judulnya sih tester tapi disikat habis) Alhamdulillah barokah!. Suka duka jualan pasti ada, salah satunya ketumpahan es yang aku buat gara-gara ke-senggol orang yang jalan ditengah keramaian ~melas yak, basah semua bajuQu :D
Yap! Alhamdulillah berkat totalitas dan sedikit berani menanggung resiko kerugian, nilai mata kuliah yang aku dapatkan juga maksimal. Sebagian teman memang lebih memilih membeli dagangan orang lain dan dijual kembali, artinya tidak semua yang mau membuat produk sendiri dari nol. Pada dasarnya orientasiku bukanah melulu soal mendaatkan nilai A, justru lebih kepada keinginan untuk membangun habbits. Melatih diri untuk terbiasa melakukan segala sesuatu dengan usaha terbaik alias gak setengah-setengah. Nilai itu ibarat hadiah bagi yang sudah berproses dan melakukan segala hal dengan sebaik-baiknya. Semangat!!
4rd Financial Accounting 2
Yeyeye lalala, matkul favoritku adalah matkul produktif akuntansi. Sejauh ini belum ada kesulitan yang berarti. Selain dosennya yang enak ketika menjelaskan. Emang dasarnya udah fallin love sih sama akuntansi hehe. Alhamdulillah mulai dari perkuliahan, mid-test sampe final test. Semua masih pada mode aman wkwkw. Materi di matkul ini bisa dilihat di buku Kieso yang terbaru atau bisa download aja pptnya di google dengan keyword “Financial accounting Weygant & Kieso
5th Macroeconomic
Mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan ekonomi dalam scope negara. Seru sih! Aku belajar pake bukunya Case & Fair. Ada PPT nya juga (sepertinya bisa di download juga di google). Aku selalu antusias di matkul ini, tapi gatau kenapa usahaku kali ini ga selaras dengan hasil. Mata kuliah ini yang membuat aku sedikit geregetan wkwkwk hasil belajarku di mata kuliah ini ngebuat aku makin penasaran, dan rasa penasaran itu akhirnya berujung pada MENGULANG MATA KULIAH dikelas adik tingkat hahaha. Kalo ga salah waktu itu aku dapat nilai B-. Aku mengulang matkul ini di semester 5. Kenapa? Soalnya di semester 5, beban belajar alias SKS yang disediakan fakultas cuman sedikit, padahal harusnya bisa banget ambil maksimal 24 SKS (Salah satu enaknya ambil 24 SKS selama 4 semester wkwkw). Secara gitu ya, Anak akuntansi? opportunity ga boleh disia-siakan gesss! Dimana ada kesempatan disitu aku berada wkwkw. Ya! Sebagian adik tingkat menganggap bahwa aku tidak lulus di matkul ini tapi bodo amat yaudahlah. Untuk menepis pandangan tersebut, aku membuktikan kontribusiku dalam diskusi di setiap pertemuan. Yang awalnya dapat B- Alhamdulillah bisa dapat yang terbaik. Seorang teman yang katanya baik sempat bilang “Kemalan rek arek iki, entuk B- ae ngulang. Kemalan!” wkwkwk aku meresponnya dengan tersenyum imut aja hehehehe. Akupun sadar, tanpa mengulang pun aku masih bisa lulus. Tapi gimana yaa? Entahlah ini merupakan sikap yang positif atau bukan, semangat/perfeksionis/ambisius atau apa (terserah, artikan bebas gpp. Toh I don’t really care about what they’re said). Situasinya seperti ini ya: aku sekolah jauh jauh, niat cari ilmu, dan itu gak gratis alias bayar mahal. It’s not about score. Got it?
6th Microeconomic
Mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan ekonomi dalam scope yang lebih kecil, bisa dibilang terkait dengan rumah tangga begitu. Seru dan nyambung! Kalo baca bukunya selalu makin melek. Sama kayak makro ekonomi, jadi waktu itu juga pake bukunya Case & Fair. kalo di matkul ini aku langsung dapet hasil yang terbaik. Tips nya apa? jangan bosen BACA, IQRA,READ! 
7th Pengembangan Peserta Didik
Dosennya dari fakultas psikologi UM. Mantep, dimata kuliah ini aku belajar memahami perkembangan kehidupan manusia. Fase-fase golden age sampe fase puber kedua-pun aku pelajari di mata kuliah ini. Lebih santai, saking santainya sempe nih satu kelas (bareng sama dosennya) nonton film. Sampe lulus, cuman matkul ini yang rasa bioskop. Sekelas nonton film barengan di LCD gitu trus diminta bikin analisis film nya. Ada dua film yang ditonton barengan. Yang pertama film Thailand dengan judul “My true friends” diminta analisis perkembangan psikologi remaja trus yang kedua film India dengan judul “PK” diminta analisis perjalanan spiritualnya. Kedua film tersebut bagus dan layak untuk ditonton wkwkwk. Disini aku juga belajar gimana caranya ngedidik anak (secara teori udah bisa-lah ya wkwkw keuntungan anak pendidikan haha!). Oiya, final-test matkul ini juga simple banget loh, ujiannya take home gituuu :D dan hasil dari take home ku menghasilkan sebah paper dengan total 35 halaman. Bahas soal perkembangan masa hidup bayi, masa hidup anak-anak awal, pertengahan dan akhir, perkembangan masa hidup remaja, dan perkembangan masa hidup dewasa awal, madya, dan akhir. Mau papernya? monggo email aja nanti Qu kirim ^^ Mantapss? (masih bilang aku pelit ilmu? hahaha mungkin yang bilang begitu belum sarapan wkwkw).
8th Statistika Deskriptif

Sama ngitungnya kayak akuntansi dan matematika, tapi lebih love statistika deskriptif daripada matematika. Akuntansi? Tetep nomor satu dihati wkwkw. Puas banget sama hasil belajar di matkul ini. Waktu itu aku belajar pake bukunya J.Supranto. Mau bukunya? yo belio gess hihihihi (Jika punya uang lebih, jangan beli yang copy-an ya ^^). Buku ini enak banget dibandingkan buku stades lainnya. Terimakasih bapak J.Supranto ayaflu <3
TARGET
Targetnya dapet hasil belajar yang lebih baik dari semester sebelumnya (sungguh target yang minimalis lol :v)
RESULT
Ga bisa menuhin target gara-gara hasil belajar di matkul macroeconomic (saah satu alasan menyebalkan yang membuat aku harus ngulang) wkwkwk.
RESISTENCE
Hambatan di semester dua adalah harus adaptasi dan ngatur jadwal belajar se-fleksibel mungkin. Buat aku, perjalanan sekolah S1 yang sedikit nyiksa ada di Semester ini wkwkwk. Pasalnya, selain sempet drop, aku yang awalnya udah terlanjur nyaman tinggal di asrama karna dapet roommate yang cocok (dari segi keimanan, kebersihan, kerajinan, dan ketenangan). Ehhh di semester ini, system asrama menetapkan kalo seluruh warga asrama harus pindah kamar beserta penghununinya. Tau lah ya, gimana rasanya kalo udah terlanjur nyaman trus tiba-tiba dipisahin gitu wkwkw. Yang awalnya aku sekamar sama Nanik-Tina sekarang ganti sekamar sama mahasiswa Thailand dan salah satu senior gitu. Namanya Kak Moorene dan mbak Vina. Yaudah, nggak ada pilihan lain kecuali bertahan dan menjalaninya dengan senyuman ~eak. Sekamar sama mahasiswa asing dan senior :D Can you imagine? Pasti ada enaQ dan gaenaQ nya haha (entah yaa, akhir-akhir ini pake Q kok lucu aja bentuknya, jadi maaf atas ketidaknyamanannya wkwkw). Sisi enaknya sekamar sama mahasiwa asing adalah aku bisa merasakan makanan mulai dari makanan tradisional, saos bahkan sampe mie instannya, trus juga sedikit belajar budaya-bahasa Thailand Swadee khap haha. Trus juga, waktu itu aku pernah diminta untuk jadi MC Seminar Pasar Modal dan kak Moorene menwarkan bantuan buat make-up in gitu (Kak Moorene kalo dandan mode on pokonya! 180 derajat sama aku yang polosan wkwk). Ga enaknya adalah kurang cocok (dari segi keimanan, kebersihan, kerajinan, dan ketenangan). Kak Moorene itu semacam bos genk dari seluruh mahasiswa Thailand yang ada di UM kala itu, jadi dari segi ketenangan dalam belajar beneran ke distract parah wkwkwk bisa dibayangkan yaa hampir tiap malem temen-temennya pada dateng ke kamarku entah itu sekedar makan, nugas, atau ngerumpi akbar hahaha sumpah aku ga paham apa yang mereka omongin. Lucu sih, tapi kalo tiap hari yaaa gimanaa yaa L you know my major is AcCOUNTing huhuhu kalo belajar bener-bener cari waktu yang pas.


0 komentar:

Posting Komentar