Rabu, 07 Maret 2018

Self Story : Resolution Accomplished!!


Awal? Ya diawali dengan basmallah !
Sejak semester lima aku emang getol banget jadi hunters kegiatan gratisan even pokonya itu bakal ngasih manfaat buat aku. Berawal dari timeline instagram, aku mendapatkan informasi bahwa di Kantor Hubungan Internasional UM akan mengadakan kegiatan OALS (One Asia Lecture Series). Awalnya aku gak mudeng ini kegiatan apaan, tapi setelah googling aku mulai paham. Yang kepo bisa klik link ini http://oia.um.ac.id/oals/. Kalo aku jelaskan dengan bahasaku OALS itu semacam kuliah bersama, yang namanya kuliah pasti ada tugasnya wkwkwk. Yang bikin beda sama kuliah pada umumnya adalah dosen  yang mengajar datang dari berbagai disiplin ilmu dan negara.
Syarat untuk mendaftar kegiatan ini sedikit bikin aku nyengir. Yang bikin nyengir itu syarat TOEFL (Yup! terhalang oleh bahasa ehehe). Jadi, meski tau infonya sampek H-3 pendaftaran aku masih belum apply. Kebacut kelewat dateline hahaha. Pas pendaftarannya udah tutup, akunya baru mulai punyak semangat dan keinginan buat coba wkwkwk Dasarrrr. Tapi yaudahlah namanya juga usaha. Berbodo nekatun, aku coba kirim DM ke instagram kantor HI UM, tujuannya cuman nanyak barangkali aja ada extended. Sambil nungguin balesan DM, aku mulai nyicil buat ngelengkapi syarat-syaratnya. 
DM dibales !!! uwhh senang sekali. Ternyata bener! Ada perpanjangan waktu pendaftaran. Alhamdulillah, berbekal skor toefl yang masih ala kadarnya, bismillah!! aku menulis esai menggunakan bahasa inggris. Aku baca berulang-ulang, buka-tutup kamus (pokonya usaha nomer satu). Setelah selesai menulis esai, aku langsung memenuhi semua syarat dan langsung cuss ke kantor HI-UM. hehe
Setelah melalui proses seleksi awal, aku mendapati namaku lolos menjadi salah satu participant. Alhamdulillah seneng, meskipun sedang menempuh semester akhir aku masih  diberikan kesempatan untuk belajar hal baru (diluar akuntansi) plus memperluas koneksi. Peserta OALS bukan hanya mahasiswa S1 tapi juga ada mahasiswa S2, S3 dan mahasiswa Internasional karna itulah aku merasa bangga dengan diri sendiri yang awalnya sempet minder ~hewhhh
Meskipun di grup OALS sempat ada perdebatan sengit karena jadwal yang ga pasti, so far aku tetep bisa enjoy. Ketimbang membual dan menyalahkan pihak lain aku sih lebih bersyukur. Harus dong! Ketemu orang-orang keren, gratis, dapet fasilitas. Kapan lagi kalo bukan di OALS ya kan? (ntahlah tapi ada aja yang protes, heran deh -.-) bagiku panitia udah mengusahakan yang terbaik untuk mendatangkan narasumber yang cucok. Top deh buat Panitia J
Berat: Gapapa Berat, Aku Kuat !
Semuanya terasa berat ketika memasuki Minggu ke-3 Februari 2018. Itu adalah minggu ter-utuk-utuk sepanjang masa. Istilahnya kayak "digebyah-uyah" selama seminggu. Pagi mulai jam 5 sampai jam 10 aku otw Turen buat penelitian (padahal niatnya, minggu ke 3 bulan Februari aku cuman uji instrumen, ternyata diminta langsung penelitian biar ga tabrakan sama jadwal UN) aku oke-in aja deh ketimbang molor. Trus, selesai penelitian aku langsung balik ke Malang lagi supaya tetep bisa hadir di acara OALS sampe jam 1 Siang. Jam 1 Siang sampek malem kerja. Sepulang kerja masih lanjut olah data, nugas, nulis dan apply lomba sana-sini. Itu semua berjalan selama seminggu full. Badan rasanya legrek, itu konsekuensi atas pilihan.
Salah satu prinsip hidup yang aku pegang adalah “segala sesuatu bisa di negosiasikan (kecuali kematian)”. So,  meskipun aku bekerja aku tetep bisa nulis dan melakukan aktivitas harian seperti biasa. Rekan kerja baik, keluarga mendukung dan mendoakan, temen kos-an juga support ~indah sekali, hidup dikelilingi orang-orang yang superrr ^^  Alhamdulillah.
Akhir? Ya diakhiri dengan Alhamdulillah as always!

4 Maret 2018 pukul 16.00 waktu itu aku lagi bagiin gaji karyawan, sambil lalu aku buka whatsapp sebentar, disana ada grup baru yang notifnya subhanallah banyaknya sampe mau nge-cek aja loh males wkwkwk (tak biarin-lah pikirku paling ya spam) setengah jam berikutnya aku cek whatsapp lagi, ternyata ada pesan dari panitia OALS yang menginfokan bahwa aku terpilih menjadi awardee diligent award. Responku pertama kali adalah teriak “alhamdulillah” kenceng banget diikuti dengan tangisan bahagia. Telfon ibuk gabisa, mbak gabisa, adek juga gabisa, yaudah bahagianya dinikmatin sendiri. Berikutnya yang kulakukan adalah nangis di office ahahaha keinget lelahnya hari-hari di Minggu ke-3 bulan Februari lalu.
Wajah nangisan dan award ini ku-persembahkan untuk ibuk, mbak @vinna_hhanafi, dan ayahku yang selalu support dan selalu percaya bahwa aku bisa bertanggung jawab atas kebebasan yang beliau berikan. Big thanks to @oia_um yang udah memberikan penghargaan ini. Thanks to keluarga besar @lupadietmlg yang udah kasih kelonggaran waktu agar aku bisa berkarya di detik2 menuju graduation dan ngadain syukuran malam ini di D’Keik bakery and resto . Thanks jugak buat The krikit gurami yang selalu setia dengerin curhatan recehku. Ay lov you all <3 hahaha

0 komentar:

Posting Komentar