Rabu, 07 Maret 2018

Self Edu: 7 Jurus Ampuh Mengatasi Homesick Ketika Kuliah di Tanah Rantau


Kamu Jomblo? Kuliah Jurusan Akuntansi? Gak pernah tinggal jauh dari orang tua? Pertama kali harus long distance sama family gara-gara kuliah? Nah,pasti awalnya kaya sok strong gitu dan ngerasa seneng “yeeaaayy jauh dari orang tua, bisa lebih mandiri, bisa fokus belajar, ngatur keuangan, bisa kerja part-time, bisa ikut unit kegiatan mahasiswa apa aja sesuai passion, bisa ini itu semau gue (masih dalam tahap wajar)”. Ya, begitulah pemikiran banyak orang waktu jadi anak rantau. Tiga hari pisah dari orang tua kaya fine-fine aja gitu yaa? baru ntar setelah beberapa minggu kalian pasti bakal ngerasain homesick. Homesick itu apa sih? Homesick adalah situasi dimana kamu kangen rumah (home: rumah, sick: sakit. home-sick: ‘rumah sakit’? bukaaaan yaaaa bukan) wkwkwkwk . Jadi, homesick itu lebih tepatnya bukan kangen sama rumahnya tapi kangen sama keluarga, suasana rumah atau bisa juga situasi kamar yang nyaman, temen-temen rumah, dan masakan ibuk pastinya. Wajar ya, kalo kalian ngerasain hal itu ketika kuliah di kota yang berbeda, karna aku sendiri juga sering banget ngerasa homesick. So, dibawah ini adalah cara biar kamu bisa mengatasi homesick dan jadi mahasiswa yang super produktif.
1.     
Kerjakan semua tugasmu, tepat setelah tugas itu diberikan
Jangan menunda! Emang tugas bisa dikerjain nanti-nanti dulu, bahkan mungkin bisa dikerjain H-beberapa jam sebelum masuk. Tapi inget! Kalian anak kuliahan, se-nggak niat apapun, pasti kalian juga mikir soal nilai akhir kan? So, sadari kalo hasil tugas yang dikerjain jauh-jauh hari pasti lebih baik daripada yang dikerjain H-1 atau H-beberapa jam. Langsung ngerjain tugas yang kamu dapet juga bisa ngebuat kamu terpacu untuk terus belajar, dan pastinya kamu ga bakal punya waktu buat nganggur atau homesick.
Oiya semasa kuliah ada satu matkul yang paling berkesan, matkul pengembangan media pembelajaran.
Disitu dapet proyek bikin lagu akuntansi, komik akuntansi, game akuntansi, dan e-learning akuntansi gitu. Seru banget lah pokonya, yang ga bisa dilupain adalah ketika aku ngebuat projek itu sama temenku teriak-teriak ga jelas gitu dah. Nah, buat kalian yang pengen tau lagu akuntansi yang aku bikin bisa coba googling “Lagu Kode Akun” atau langsung buka YouTube dan search “Lagu Kode Akun by Selfiana” ntar pasti muncul hihihihi btw  itu aku sendiri loh yang nyanyiin wkwkwk ati-ati kanker kuping.
Selain itu, ada juga satu matkul yang bisa bikin aku proud sama diriku sendiri. Nama matkulnya financial management, terkenal sulit dan dosennya moody. Masa iya tiap pertemuan selalu ada satu kuis (soalnya logic bangetttt gaes), Untuk mahasiswa yang bisa 10x jawab kuis “cepat+tepat” bakal bebas UAS dan dijamin dapet A.As you know mata kuliah ini lebih kaya matematika bukan akuntansi. Aku percaya betul bahwa tidak ada ilmu pengetahuan yang tidak bisa dipelajari. Sesulit apapun itu jika aku mau, aku pasti bisa. Hasilnya, aku bisa mendapatkan 10x kuis, tapi tetep ikut UAS (seperti kataku tadi -.- dosennya moody), and finally alhamdulillah dapet A. Oiya jangan salah paham, aku bukan anak yang pinter, aku cuman modal rajin sama punya semangat tinggi. wkwk
2.      Sibukkan dirimu dengan hal-hal yang positif
Tugas udah dikerjain semua, tapi masih punya banyak waktu luang? Sibukkan dirimu dengan hal yang positif semaksimal mungkin sesuai dengan jurusanmu. Salah satunya dengan aktif berorganisasi di kampus. Kalo kamu anak akuntansi, ikutlah kegiatan yang menunjang pengetahuanmu dibidang akuntansi. Merasa salah jurusan? Akuntansi itu susah? Aahh elaaa tong, Ingat yaa! semua bidang ilmu didunia ini itu bisa dipelajari. Semuanya tergantung seberapa besar niat, kemuan, dan semangat kalian untuk bisa menguasai bidang tersebut. Jadi semangat !!! Oiya kalo pas jaman maba, aku dulu sih suka banget ikut kajian akuntansi tiap hari jumat jam 11.00-13.00 (entah apa nama acaranya aku lupa wkwkwkw) pokonya yang ngadain kakak tingkat HMJ gitu.Selain itu, aku juga sempet ikut Kelompok Studi Pasar Modal.
Berhubung sekarang aku udah semester delapan, So aku lebih cari hal positif yang bisa menghasilkan uang (kerja part-time/ jualan online) ehehehe. Karna ga bisa dipungkiri semakin bertambahnya semester, pasti semakin banyak pengeluaran receh yang harus dikeluarin buat sekedar beli kertas, atau print revisian.
Dengan menyibukkan diri ke hal-hal yang positif, udah pasti ngebuat kamu lebih bisa menikmati suasana di tanah rantau.
3.      Belajar Masak
Buat kalian yang ga bisa masak, belajarlah memasak. Kata orang jaman dulu “ pinter masak, disayang mertua” nah loh, masih ragu buat masak? Hahaha. Segera robohkan stigma tentang masak itu lama, rempong, susah, bla bla bla.  Tips! ketika kamu pulang kampung, cobalah tanya ke ibumu gimana caranya masak, catet apa aja bumbu-bumbu resep tangan ajaib ibu kalian dirumah. Trus coba praktekkin, ajak temen-temen kosmu, lama-lama pasti bisa mirip kok rasanya. Selain bisa dijadikan sarana belajar, kalian pasti bisa lebih hemat, dan yang terpenting lebih sehat. Kalo aku sih lebih baik jadi generasi tempe (asal bukan mental tempe) daripada jadi generasi micin ^^. Kebiasaan memasak resep rumahan bakal sedikit mengurangi rasa homesick terutama soal makanan rumah.Happy cooking~
4.      Lakukan hal yang kalian suka [sesuai passion]
Melakukan hal yang positif dan melakukan hal yang sesuai dengan passion, menurutku itu dua hal yang berbeda. Mirip tapi tak serupa. Kalo hal yang sesuai passion itu lebih ke hobby gitu. Misalnya kayaaku yang punya hobby nulis, main musik, nyanyi, dengerin radio, nari. Yaudah kembangkan! Hobby ngopi/ nongkrong? Yaudah sesekali gapapa asal kewajiban kuliah udah terselesaikan dengan baik.
5.      Bikin To Do List
Sebagian orang merasa to do list itu ga penting, karena hidup harus let it flow, let it slow, and let it go let it go can’t hold you back anymore(lagu frozen) bhaak -.- garing. Oke, jujur aku bukan penganut faham let it flow. Aku terbiasa dengan sesuatu yang sudah terstruktur dengan baik. Tiap malem sebelum tidur aku mesti bikin catetan apa aja yang harus aku kerjakan besok, kalo besok udah dikerjakan coret. Nah selalu begitu. Hari esok harus lebih baik dari hari ini. Nah, to do list itu kek semacam kontrol/ alat yang digunakan buat evaluasi diri sendiri. Tanpa to do list kalian ga akan pernah tau, apakah kalian bener-bener udah lebih baik dari kemarin? Got it? 
6.      Manfaatkan Sosial Media dengan bijak
Hayyy para kids jaman now. Sudah kau apakan medsosmu? Udah follow akun siapa aja? Kalo kalian akademisi, usahakan follow akun yang bisa mempengaruhimu menjadi akademisi yang lebih produktif. Aku sarankan buat kalian yang sering ngerasa homesick kalian wajib follow akun-akun medsos yang bisa bikin prestasimu up. Kalo kalian mahasiswa di Malangkalian bisa follow @acaramalang untuk update acara-acara seminar/workshop/ talkshow/ acara-acara di Malangatau buat kalian yang suka nulis kalian bisa follow dan ikut berbagai lomba @infolombamenulis. Wahai generasi millenial, ini udahsaatnya kalian menggunakan medsos sebagai sarana yang bisa mencetak dirimu untuk jadi pribadi yang lebih baik.
7.      Kunjungi semua tempat yang ingin kamu kunjungi
YOLO YOLO YOLO YAH! Nah kalian hidup cuman sekali. Kalo lagi homesickdan keadaan ga memungkinkan buat pulang, kalian wajib dateng ke tempat-tempat indah yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya. Kalo di Malang ada banyak bangettttt nih tempat kekinian mulai dari yang bernuansa hutan-hutan, love-love, bahkan yang bernuanasa kejepang-jepangan juga ada. intinya tujuan adanya destinasi itu buat sarana refreshing aja.
Oiya kalo kalian homesick jangan melulu ngikutin cara ampuh ini aja ya, kalian juga harus sempetin waktu buat pulang kerumah. Misalkan sebulan sekali atau dua bulan sekali. Tugas, kesibukan, organisasi, acara ini-itu emang ada banyak, tapi inget! Ayah-Ibu kalian di dunia ini cuman satu J sekian dari Selfi ^^

0 komentar:

Posting Komentar